Lompat ke konten

Toro Maria (Tanjung Meriam) Wisata yang unik di Pesisir Bima Timur

Toro Maria (Tanjung Meriam)
Beri umpan balik untuk lokasi ini :
  • Sesuai (100%)
  • Renovasi (0%)
  • Tutup Sementara (0%)
  • Tutup Permanen (0%)
  • Pindah (0%)
  • Tidak Tau (0%)

Toro Maria (Tanjung Meriam) Wisata yang unik di Pesisir Bima Timur

Informasi

Sumber : IG_Sisitimur

Toro maria,atau sebagian ada yang menyebutnya toro mariam,tanjung mariam atau tanjung meriam. Keunikan wilayah ini adalah selain bagian pantainya yang indah,ada juga susunan batu Columnar Joint yang memenuhi hampir seluruh bagian bukit.

columnar joint yang ditemukan di Tanjung Meriam tersebut memiliki struktur yang sama dengan bebatuan di situs Gunung Padang. Bedanya jika batuan heksagonal di Gunung Padang kemungkinan besar dibawa oleh manusia, batu di Tanjung meriam ini diyakini terbentuk alami oleh alam.

Hampir seluruh sisi bukit di Tanjung Meriam tertutup dengan batu. Batu-batu yang menutupi bukit itu hampir seluruhnya berukuran sama, yaitu berdiameter sekitar 25 cm. Sementara panjangnya berkisar antara 2-3 meter dengan separuh batu telah menancap. Batuan beku terbentuk karena magma yang mendingin dan mengeras, dengan atau tanpa proses kristalisasi, baik di bawah permukaan sebagai batuan intrusif maupun di atas permukaan sebagai batuan ekstrusif. Batuan ini dapat berubah jenis jika mengalami proses magmatis. Uniknya, selain ukurannya sama dan sebangun, susunan batuan ini juga masih tampak rapi. Dari bawah hingga ke atas, seakan ada teras untuk dipijak yang berfungsi seperti tangga.

Youtube Channel : Awaluddin Metalera

Lokasi

Toro maria berada di pesisir bima timur tepatnya di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat, juga memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa,dimana letaknya masih berada di garis wallacea yang berhadapan langsung dengan Pulau Komodo.

Peta

Info terkait

keyword : informasi lokasi dan peta, alamat, telepon, website, rute, perjalanan, traveling, wisata, snorkling, diving, sailing, mbojo, kota bimakabupaten bimakabupaten dompu

Banjir (5) cafe (28) coffee (6) Diving (5) Ekspedisi (30) Halo Bima (5) Handphone (6) hotel (9) Hotel Bima (15) Jasa Pengiriman (30) Kampus (10) Kecamatan (21) Kecamatan Asakota (10) Kecamatan Dompu (7) Kecamatan Mpunda (40) Kecamatan Raba (14) Kecamatan Rasanae Barat (39) Kedai Kopi (8) Kopi Bima (22) Kopi Lokal (29) kuliner (15) Lagu Bima (5) Metromini (6) Pantai (26) Pegunungan (10) penginapan (23) Penginapan Bima (17) Penginapan Dompu (5) Perguruan Tinggi (10) Perjalanan (6) Perkantoran (5) PLN Bima (13) Public Center (5) Seni & Budaya (4) Service Handphone (5) Snorkling (6) Tambal Ban (6) Tambora (5) Tempat Ngopi (31) Toko Handphone (4) Transportasi (9) Traveling (5) Videografi (8) Wisata (44) Wisata Alam (5)

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Beri Rating untuk info ini*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.