Lompat ke konten

Pulau Ular (Snake Island) di Bima NTB Indonesia

Pulau Ular (Snake Island) di Bima NTB
Beri umpan balik untuk lokasi ini :
  • Sesuai (100%)
  • Renovasi (0%)
  • Tutup Sementara (0%)
  • Tutup Permanen (0%)
  • Pindah (0%)
  • Tidak Tau (0%)

Pulau Ular (Snake Island) di Bima NTB (West Nusa Tenggara) Indonesia

Pulau Ular (Snake Island) di Kabupaten Bima Propinsi NTB (Sumber : Youtube Channel Sisi Timur)

Informasi

Tersebutlah sebuah pulau kecil di wilayah Kabupaten Bima bagian timur, tepatnya di Kecamatan Wera Desa Pai. Pulau ini terletak dekat sekali dengan daratan Pulau Sumbawa hanya lebih kurang 400-500m.

Pulau Ular demikian Orang Bima menyebutnya, karena mungkin pulau ini hanya dihuni oleh sekelompok ular-ular jinak yang tidak mengganggu penduduk. Yang menarik sebenarnya bukan karena banyaknya ular atau tidak adanya manusia yang mau tinggal di pulau yang kirakira seluas 500 m2 ini, tetapi lebih karena ular-ular ini berbeda dengan umumnya ular yang ada di Daerah Bima.

Youtube Channel : Sisi Timur

Ular-ular ini mencari makanan di dalam laut dan beristirahat di atas pulau di antara celah-celah bebatuan atau bergelantungan pada tebing-tebing terjal, maka menambah daya tarik pulau ini. Pulau ini merupakan habitat bagi populasi ular laut dengan keunikan warnanya putih silver dengan kombinasi hitam mengkilap.

Ular-Ular ini jinak dan bersahabat dengan wisatawan yang mengunjunginya. Pulau ular dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Bima menggunakan transportasi darat. Ular-ular di Pulau Ular tersebut menurut penduduk setempat merupakan jenis ular laut. Siapapun tahu bahwa ular laut termasuk ular yang sangat beracun.

Lihat juga : Sisi Timur – Freelance Guide, Travel Video & Photography

Jasa Guide Wisata Bima

Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, ular tersebut memang berbentuk seperti ular laut. ekornya pipih seperti ekor ikan, warnanya putih silver dan hitam mengkilat. Ketika dipegang tidak terasa licin sama sekali sebagaimana layaknya ular-ular di darat. Kulitnya lebih terasa kesat dan bersirip seperti ikan. Mengunjungi obyek wisata? Pulau Ular? anda juga disuguhkan dengan keindahan pesona laut Bima.

Dari pulau ini Gunung Api Sangiang tampak berdiri kokoh. Bagian puncaknya selalu diselimuti kabut. Dalam legenda, Pulau ular merupakan jelmaan dari kapal Portugis yang terdampar di perairan Wera.

Ular-ular tersebut adalah jelmaan para penumpang dan ABK Kapal. Sedangkan dua pohon Kamboja yang tumbuh di kedua sisi pulau itu merupakan jelmaan dari tiang-tiang kapal portugis.

Lokasi

Alamat : Jl. Lintas Sape – Wera, Desa Pai, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat. 84152

Peta

Lihat Juga : UmA iLoPETA Etnic Cafe & Resto Kota Bima NTB

Kuliner
Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Beri Rating untuk info ini*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *